Tips Menulis Artikel Menurut Saya

Tips menulis memang banyak kita temukan di sejumlah blog, anda bisa menemukan banyak artikel yang membahas topik ini. Menulis artikel mungkin terlihat sangat mudah, namun fakta di balik itu semua ternyata masih banyak yang kesulitan menulis artikel itu sendiri.

Tips Menulis Artikel Menurut Saya

Tips menulis memang banyak kita temukan di sejumlah blog, anda bisa menemukan banyak artikel yang membahas topik ini. Menulis artikel mungkin terlihat sangat mudah, namun fakta di balik itu semua ternyata masih banyak yang kesulitan menulis artikel itu sendiri.

Ada banyak alasan, akan tetapi yang lumrah adalah ketidak percayaan akan kemampuan dirinya sendiri. Kalau soal ketidak percayaan diri maka yang di butuhkan bukan sekedar tips, tapi! lebih kepada motivasi yang kuat. Salah satu motivasi untuk memberanikan diri menulis salah satunya mungkin! kiat-kiat yang jelas, atau panduan penting dalam menulis.

Rajin-rajin Membaca Sebelum Menulis.

Anda bisa saja sudah mempunyai gagasan besar dalam tulisan anda, namun ketahuilah membaca bukan sekedar untuk menambah wawasan anda tentang topik yang akan anda bahas, tapi! untuk meyakin kan hati anda untuk menulis artikel tersebut, selain sebagai media perbandingan bagai mana  kualitas artikel orang lain, sehingga paling tidak anda sudah mempunyai gambaran bagai mana kualitas yang harus anda targetkan dalam tulisan anda.

Jangan Tergesak-gesak Dalam Menulis.

Untuk menghasilkan karya yang maksimal di butuhkan ketenangan, anda bisa membaca kembali tulisan anda, membaca dengan suara bukan dalam hati.

Ada banyak hal yang bisa di lakukan sembari terus memikirkan kalimat yang anda gunakan, anda bisa mengoreksi kembali hasil tulisan yang sudah selesai, atau yang masih separuh jalan.

Membaca kembali tulisan anda juga sebenarnya langkah memantap kan hati anda, bahwa tulisan anda memang layak di baca orang lain.

Jangan Berbelit-belit Kalimat Yang Anda Gunakan.

 Dari sekian banyak orang yang membaca artikel anda, terkhusus di dunia blog, mungkin hanya 30% saja orang yang membaca artikel anda secara detail dan menyulur, jika kemudian anda menulis kalimat-kalimat yang di susun sedemikian rumit agar tulisan terkesan puitis, panjang atau berbobot baik, maka anda salah.

Justru rata-rata kebanyakan pengunjung blog malas membaca informasi yang panjang, kebanyakan orang lebih menginginkan langsung pada inti poin saja.

Contoh : Orang mengetik di google dengan kalimat ” cara memasak ayam kentaki ” maka pada dasarnya, kebanyakan orang menginginkan langsung pada poin tahapan pembuatan, satu apa? dan lalu kemudian bagai mana? dst.

Jika kemudian anda menulis dengan kalimat pujangga maka! bisa saja orang tersebut merasa bosan, terlalu panjang lebar tapi inti permasalahan nya hanya yang itu-itu saja.

Jangan Mempersulit Pembaca.

Contoh sederhana mempersulit pembaca seperti : tulisan yang menggunakan font terlalu berlebihan, ukuran tulisan yang sulit di baca, terlalu harus mengklik tombol ini itu terlebih dahulu, dll.

Hal-hal di atas kebanyakan di lakukan untuk memperlama pengunjung berada di halaman tersebut, namun langkah-langkah tersebut sebenarnya kurang elok untuk kita terapkan, justru hal-hal tersebut membuat orang malas berkunjung kembali ke blog anda.

Yang anda perlukan hanyalah kalimat yang mampu menjelaskan dengan mudah kepada pengunjung blog, bukan selingan tombol ini itu, atau sejenisnya.

Oke, mungkin di lain kesempatan saya bahas lagi tentang pernah-pernik menulis artikel lainnya, semoga tulisan ini bisa bermanfaat. Amiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *