Pengertian Makalah Beserta Cara Membuatnya

Pengertian makalah. Apa yang di maksud dengan makalah ? sebuah pertanyaan mendasar yang mungkin akan saya jawab dengan sederhana saja. Makalah adalah sebuah tulisan ilmiyah tentang satu topik permasalahan berdasarkan beberapa disiplin ilmu tertentu.

Pengertian Makalah Beserta Cara Membuatnya

Pengertian makalah. Apa yang di maksud dengan makalah ? sebuah pertanyaan mendasar yang mungkin akan saya jawab dengan sederhana saja. Makalah adalah sebuah tulisan ilmiyah tentang satu topik permasalahan berdasarkan beberapa disiplin ilmu tertentu. Makalah bisa berupa ringkasan-ringkasan sederhana yang di buat oleh penulisnya untuk menyikapi sebuah permasalahan, setelah melakukan penelitian sederhana tentang latar belakang permasalahan, delima yang muncul, dan mungkin solusi dari masalah tersebut.

Karena itu makalah bisa di artikan sebuah karya ilmiyah kecil dari seseorang, dan bisa juga di katakan dia adalah hasil karya akademis. Ada yang bilang makalah adalah karya tulisan ilmiyah tentang pembahasan topik tertentu dan meliputi ruang lingkupnya. Kebanyakan makalah dijadikan tugas pelajar atau kalangan mahasiswa dengan tujuan untuk memahami sekilas permasalahan yang di bahasnya.

Karena memang pembuatan makalah bisa saya ungkapan sebagai sebuah pembelajaran bagi yang bersangkutan, entah pelajari dan mahasiswa untuk bisa memahami sebuah permasalahan dengan baik. Tentu saja berdasarkan argumentasi yang sesuai, dan baik, serta bisa di pertanggung jawabkan.

Makalah sendiri bisa kita kelumpukkan pada kelumpuknya masing-masing berdasarkan karakteristik yang ada pada makalah tersebut. Misalkan ada makalah yang masuk dalam katagori makalah deduktif, karena memang makalah tersebut di susun berdasarkan sebuah kajian teoristis yang relevan dengan pembahasan dalam makalah tersebut. Namun ada juga makalah yang bersipat induktif, karena di susun berdasarkan fakta di lapangan. Bahkan ada makalah yang bersipat campuran dari keduanya. Semuanya bisa kita nilai berdasarkan karakteristik yang ada pada makalah tersebut.

Namun ada sebagian orang yang malah membagi jenis makalah lebih banyak lagi, seperti; makalah kajian, makalah ilmiyah, makalah kerja, makalah tanggapan dan makalah-makalah yang di sandarkan berdasar pokok pembahasan dan kecendrungan penulis dalam memaparkan pendapat serta tanggapan nya.

Cara Membuat Makalah.

Sementara cara membuat makalah sendiri sudah saya tulis sebelumnya, hanya saja disini saya akan sedikit kembali mengingatkan saja. Seperti bagaimana susunan dan elemen dasar sebuah makalah. Dan semuanya memang sudah saya bahas, bahkan sengaja saya melampirkan beberapa makalah yang bisa kalian baca, download dan simpan karena berupa file pdf.

Susunan makalah yang baik setidaknya harusnya ada ;

Setidaknya susunan yang seperti di atas adalah susunan makalah secara sederhana, mengumpulkan elemen-elemen dasar dalam pembuatan makalah. Elemen-elemen seperti yang ada di atas memang seharusnya tersusun dengan baik seperti di atas.

Dari pembahasan di atas seharus kita bisa memahami apa yang di maksud dengan makalah. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana cara membuat makalah dan bagaimana menyusun makalah yang baik dan benar. Namun kalian bisa saja mengembangkannya, dan kami sudah menyertakan banyak contoh-contoh makalah, dan kalian bisa membaca di halaman kumpulan makalah dan skripsi. Semoga saja bisa bermanfaat.

[news_box style=”1″ display=”category” title=”Update Tentang Makalah Dan Skripsi” category=”129″ tag=”null” show_more=”on” count=”20″]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *