Pengertian Dan Definisi Sejarah

Pengertian Dan Definisi Sejarah. Sejarah adalah sesuatu yang terjadi pada masa lampau, yang bisa kita analisa, dan kita pelajari dengan menggunakan peninggalan-peninggalan serta jejak rekam yang ada pada peninggalan-peninggalan tersebut.

Pengertian Dan Definisi Sejarah

Pengertian Dan Definisi Sejarah. Sejarah adalah sesuatu yang terjadi pada masa lampau, yang bisa kita analisa, dan kita pelajari dengan menggunakan peninggalan-peninggalan serta jejak rekam yang ada pada peninggalan-peninggalan tersebut. Biasanya sejarah bisa kita lihat berdasarkan peninggalan atau catatan yang di tulis oleh pelaku sejarah, dan itu bisa di analisa dengan teori maupun pembuktian fisik dari peninggalan-peninggalan yang di jadikan sebagai alat bukti sejarah.

Sejarah juga bisa di artikan sebagai sebuah hasil penelitian kejadian masa lalu, yang bisa di buktikan dengan menggunakan alat bukti sejarah. Adapun catatan, hikayat, atau cerita masa lalu namun tidak bisa di bukti secara teori maupun pembuktian lain semisal menggunakan alat bukti sejarah, tidak bisa di namakan sejarah. Namun bisa di namakan sebuah lagenda atau cerita.

Sejarah biasa terkait dengan pengetahuan, kejadian, serta apa-apa yang bersangkutan dengan kehidupan manusia di jaman sekarang. Misalkan kejadian yang terjadi pada masa-masa kerajaan jaman dulu di nusantara,  yang kemudian membentuk pola kehidupan masyarakat Indonesia seperti sekarang bisa di katakan sebagai sejarah. Karena hal tersebut bisa di buktikan secara teori maupun menggunakan alat bukti seperti perasasti, bangun kuno dan peninggalan lain yang bisa di buktikan secara ilmiyah berdasarkan analisa penilitian pada masa kini.

Secara bahasa sejarah berasal dari bahasa arab “sajaratun” yang artinya pohon. Sementara sejarah dalam bahasa arab di sebut “Tharikh” yang jika di artikan kedalam bahasa Indonesia berarti waktu atau masa.

Adapun menurut para ahli, yang kita ambil menurut wikipedia:

J.V. Bryce

Sejarah adalah catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh manusia.

W.H. Walsh

Sejarah itu menitikberatkan pada pencatatan yang berarti dan penting saja bagi manusia. Catatan itu meliputi tindakan-tindakan dan pengalaman-pengalaman manusia pada masa lampau pada hal-hal yang penting sehingga merupakan cerita yang berarti.

Patrick Gardiner

Sejarah adalah ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia.

Roeslan Abdulgani

Ilmu sejarah adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan pada masa lampau beserta kejadian-kejadian dengan maksud untuk kemudian menilai secara kritis seluruh hasil penelitiannya tersebut, untuk selanjutnya dijadikan perbendaharaan pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan sekarang serta arah proses masa depan.

Moh. Yamin

Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan.

Ibnu Khaldun (1332–1406)

Sejarah didefinisikan sebagai catatan tentang masyarakat umum manusia atau peradaban manusia yang terjadi pada watak/sifat masyarakat itu.

  1. Moh. Ali

Moh. Ali dalam bukunya Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia, mempertegas pengertian sejarah sebagai berikut:

  1. Jumlah perubahan-perubahan, kejadian atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.
  2. Cerita tentang perubahan-perubahan, kejadian, atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.
  3. Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian, dan atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.

Peran Penting Sejarah Bagi Kehidupan Manusia.

Sejarah mempunyai peran penting bagi kehidupan manusia di masa kini maupun masa depan. Sejarah pada dasarnya adalah alat bantu untuk mempelajari kehidupan manusia dari masa ke masa, tentang tujuan dan cita-cita serta pencapaian yang sudah di dapatkan. Pelaku sejarah biasanya melakukan banyak hal secara langsung atau tidak dengan tujuan generasi sesudahnya. Maka dari itu kebedaraan sejarah akan sangat penting bagi generasi selanjutnya, agar bisa menyelaraskan cita-cita luhur manusia dalam berkehidupan sosial, dll.

Pada jaman penjajahan, para pejuang kita banyak melakukan pengorbanan nyawa, harta, dan tenaga untuk sebuah cita-cita luhur bagi generasi penerus mereka. Keberadaan jejak rekam mereka bisa kita telaah dengan jelas berdasarkan alat bukti sejarah. Pengetahuan tentang sejarah ini mampu memberikan sebuah pelajaran bagi bangsa kita, tentang tujuan dari cita-cita dan pengharapan generasi sebelum kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *