Pengertian Bioma Beserta Beberapa Contohnya

Pengertian Bioma Beserta Beberapa Contohnya

Bioma adalah sebuah ekosistem dalam skala besar yang meliputi sebuah wilayah berdasarkan letak geografis atau iklim yang sama. Sebuah wilayah memiliki habitat yang berbeda dengan wilayah lainnya berdasarkan iklim yang terjadi dan letak wilayah tersebut.

Pengertian Bioma Beserta Beberapa Contohnya

Bioma adalah sebuah ekosistem dalam skala besar yang meliputi sebuah wilayah berdasarkan letak geografis atau iklim yang sama. Sebuah wilayah memiliki habitat yang berbeda dengan wilayah lainnya berdasarkan iklim yang terjadi dan letak wilayah tersebut. Jumlah habitat flora dan fauna yang berbeda antara satu sama lain sejati menjadi dasar pembagian bioma.

Bioma ditentukan oleh struktur tumbuhan, hewan, dan banyak lagi lainnya. Perbedaan iklim dan geografis wilayah suatu daerah lah yang kebanyakan menentukan jenis-jenis flora dan fauna yang hidup disana.

Berikut ini adalah pembagian bioma:

Pengertian Bioma Beserta Beberapa Contohnya

Secara singkat harusnya kita yang sudah membaca beberapa pemaparan singkat diatas sudah memahami sekilas tentang bioma. Jelas begini: Untuk memahami Penjelasan tentang bioma bisa kita perhatikan flora dan fauna disebuah wilayah. Flora dan Fauna di sebuah wilayah biasanya akan menyesuaikan iklim dan wilayah tersebut, dengan kata lain mungkin tumbuhan, rerumputan, hingga jenis hewan yang hidup disana secara naluri akan menyesuaikan dengan iklim dan sumber daya kehidupan yang ada.

Kita mungkin tidak menemukan umbuhan anggrik hutan hidup di wilayah dengan jenis Bioma Padang Gurun, karena anggrik hutan termasuk tumbuhan yang hidup di wilayah dengan iklim tropis.

Begitu juga binatang, tumbuhan, dan rumput yang ada di wilayah hutan tropis akan sulit kita temukan di wilayah padang gurun karena memang sumber kehidupan yang dibutuhkan nya sudah berbeda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *