Makalah Islam Tentang Delima Pemurnian Islam

Melanjutkan beberapa makalah yang pernah kami publikasikan di sini. Pada kesempatan ini kami juga mempublikasikan sebuah makalah yang dituilis Mutohharun Jinan,- Pusat Studi Budaya Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Makalah Islam Tentang Delima Pemurnian Islam

Melanjutkan beberapa makalah yang pernah kami publikasikan di sini. Pada kesempatan ini kami juga mempublikasikan sebuah makalah yang dituilis Mutohharun Jinan,- Pusat Studi Budaya Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dalam makalah ini dengan gamblang penulis menyebutkan beberapa tantangan pemurnian agama islam menurut sang penulis. Tentu saja setiap makalah membutuhkan kajian ilmiyah untuk itu. Sementara kami hanya membagikan saja, semoga saja pembaca bijak dalam menanggapinya.

Beberapa kutipan yang ada dalam makalah antara lain: Gerakan pemurnian Islam merupakan fenomena penting dalam perkembangan pemikiran dan gerakan Islam. Ia seringkali muncul, tampaknya secara periodik, dalam situasi mana banyak terjadi penyimpangan baik dalam moral, pemahaman maupun pengalaman agama. Penyimpangan itu dipandang oleh para penganjur purifikasi sebagai kemerosotan agama dan masyarakat Islam, dan mereka menyatakan bahwa agar agama itu mencapai kejayaan, agama itu sendiri harus dibersihkan dari segala penyimpangan, pengaburan, dan pengotoran yang berjangkit di kalangan umat Islam.

Ada sejumlah ayat yang dapat dikemukakan yang sering menjadi dasar bagi kaum muslim dalam memburu kemurnian Islam (Robert D. Lee, 2000: 26-29). Ayat al-Quran yang paling sering dikutip adalah “Sesungguhnya agama (yang benar) di sisi Allah ialah Islam” (QS. 3: 19); “Pada hari ini Aku sempurnakan bagi kamu sekalian agamamu, dan Aku sempurkan nikmat-Ku bagimu, Aku ridhai Islam sebagai agamamu” (QS. 5: 15). Juga sebuah hadis yang sering dikemukakan adalah “Aku tinggalkan untukmu dua perkara yang tidak akan sesat bila kamu sekalian memegangi keduanya (yakni) Al-Quran dan Sunnah Rasulullah”.

Harus diakui kerangka doktrinal tentang kesempurnaan Islam ini, berhadapan dengan realitas dan perkembangan sejarah yang sangat kompleks. Tuntutan sosiologis dan siklus krisis membuat kalangan kaum muslim meninggalkan atau setidaknya dianggap menjauh dari kerangka doktrinal kesempurnaan Islam. Proses menjauh dari cita-cita doktrinal dan normatif Islam ini tidak hanya muncul dalam gagasan dan tindakan yang jelas jelas tidak selaras dengan prinsip-prinsip Islam, tetapi juga melalui penambahan penambahan tertentu terhadap ajaran Islam. Penambahan-penambahan ini dikenal sebagai bid’ah. Yang dipandang sebagai tidak merupakan bagian autentik dari al-Quran dan Sunnah.

Makalah Islam Tentang Delima Pemurnian IslamKarena itulah, pencarian kemurnian Islam melibatkan jargon “kembali kepada Al-Quran dan Sunnah Rasul”, yang merupakan sumber paling autentik dari ajaran Islam. Khusus dalam bidang hadis, yang ternyata juga tercampur dengan hadis-hadis palsu, maka pencarian kemurnian Islam mengandung makna “menghidupkan kembali sunnah (ihya’ alsunnah).

Semua prinsip ini pada gilirannya menjadi dasar bagi pencarian kemurnian Islam yang memunculkan gagasan dan gerakan yang dikenal sebagai pembaharuan yang secara mitologis dan praktis menekankan pemurnian Islam (Azyumardi Azra, 2002:168).

Berikut kami lampirkan makalah utuh untuk bisa di pelajari dan di kaji. Setiap bantahan terhadap isi makalah bukan lah wewenang kami. Disini kami hanya menyertakan beberapa “kutipan” isi makalah tersebut. Mengingat banyaknya pelajar-pelajar kita yang membutuhkan sejumlah contoh makalah secara utuh, sebagai bahan untuk pembuatan tugas kuliah, sekolah, atau lainnya.

[button link=”https://pustaka.my.id/pdf/Delima%20Pemurnian%20Islam.pdf” target=”_blank”]Makalah Islam Tentang Delima Pemurnian Islam[/button]

Penting kita ingat bahwa setiap makalah mungkin memiliki kekurangan sehingga bantahan serta ketidak sesuaian pendapat sering terjadi. Namun sebagai pembaca yang bijak, maka ada baiknya jika membantah sebuah makalah juga di lakukan dengan atau dalam bentuk karya ilmiyah, dll.

[news_box style=”1″ display=”category” title=”Update Terkait Makalah” category=”129″ tag=”null” orderby=”popular” show_more=”on” count=”10″]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 thoughts on "Makalah Islam Tentang Delima Pemurnian Islam"

  • Terima kasih admin. Saran, kalau bisa di tambah lagi contoh dan makalah-makalahnya. Biar gampang nyari makalah yang kaya beginian. Sangat Membantu sekali…