Inilah Maksud Makhluq Hidup Dan Tanda-Tandanya

Yang di maskusd makhluq hidup berdasarkan situs wekipidia adalah : Istilah organisme kompleks mengacu pada organisme yang memiliki lebih dari satu sel. nama lainya yang sering disebut selain organisme adalah makhluk hidup Organisme terdiri dari manusia ,tumbuhan,

Inilah Maksud Makhluq Hidup Dan Tanda-Tandanya

Yang di maskusd makhluq hidup berdasarkan situs wekipidia adalah : Istilah organisme kompleks mengacu pada organisme yang memiliki lebih dari satu sel. nama lainya yang sering disebut selain organisme adalah makhluk hidup Organisme terdiri dari manusia ,tumbuhan, hewan, serta mikro organisme.

Makhuluq pada dasar mempunyai banyak varian, jika di lihat dari bentuk, sipat bendanya, dll. Misalkan manusia mempunyai sipat tersendiri yang menjadi ciri identitas dengan lainnya. Ciri-ciri tersebutlah yang akan membedakan manusia dengan makhluq hidup lainnya. Setiap makhluq hidup mempunyai cirinya masing-masing. Namun secara umum makhluq hidup akan memiliki kesamaan ciri tertentu. Sebuah ciri-ciri yang akan menunjukkan bahwa dirinya adalah yang di maksud dan termasuk makhluq hidup.

Ada beberapa ciri makhluq secara umum;

  1. Sebagian ciri makhluq adalah ; tumbuh berkembang. Manusia akan tumbuh berkembang dengan seiring usianya, sama halnya dengan tumbuhan, binatan, dan makhluq hidup lainnya. Sipat dari pertumbuhan mungkin akan berbeda-beda, antara manusia, binatan, dan hewan. Namun secara kesuluruhan semua makhluq hidup akan terus berkembang. Misalkan manusia akan berkembang dari sisi fisik, pemikiran, dll. Begitu juga makhluq hidup lainnya akan tumbuh berkembang dengan caranya masingnya dan mungkin akan saling berbeda pertumbuhan nya.
  2. Setiap makhluq memerlukan pernafasan, seperti halnya manusia menggunakan rongga tenggurukan yang kemudian sampai kepada paru-paru, binatan bernafas dengan caranya masing-masing pula seperti ikan yang bernafas memalui insang yang menyaring oksegen yang larut dalam air. Sementara tumbuhan bernafas menggunakan lentisel dan stomata yang terdapat pada bagian batang dan daun tumbuhan.
  3. Peka Dengan Rangsangan. Setiap makhluq hidup mempunyai kepekaan dalam rangsangan yang biasa di sebut dengan iritabilitas. Setiap makhluq hidup mempunyai berbagai cara menanggapi setiap rangsangan, dan mungkin akan berbeda dalam menanggapi rangsangan. Seperti tumbuhan yang di simpan dalam pot di sebuah ruangan akan bergerak tumbuh menuju arah cahaya.
  4. Bergerak menjadi salah satu tanda mahkluq hidup, karena setiap makhluq hidup biasanya akan bergerak. Hanya saja pergerakan nya bermacam-macam. Ada yang bergerak secara aktif seperti manusia dan binatang, di mana pergerakan nya bisa di lihat. Dan ada pergerakan secara pasif seperti tumbuhan, yang pergerak kan di sebut pergerakan taktis dan hanya bisa di lihat berdasarkan reaksi hasil gerakan tersebut. Misalnya tumbuhan akan tumbuh mengarah ke arah cahaya jika berada di sebuah tempat tertutup.
  5. Berkembang biak. Pengertian makhluk hidup menurut Dwijoseputro (1998) adalah adalah sesuatu yang dapat melakukan metabolisme, dapat melakukan gerak, dapat tumbuh, dapat bereproduksi, dan responsif.
  6. Membutuhkan Makan Sebagai Energi. Setiap mahkluk hidup pasti memerlukan makanan atau nutrisi untuk mempertahankan hidupnya. Makanan tersebut diperlukan sebagai sumber energi untuk melakukan proses-proses kehidupan. Cara mendapatkan makanan maupun cara makan setiap mahkluk hidup berbeda-beda. Manusia dan hewan misalnya memperoleh makanan dari mahkluk hidup lain. Sedangkan tumbuhan membuat makanan sendiri dengan proses fotosintesis.

Itulah sejumlah tanda-tanda yang ada pada makhluq hidup. Walau mungkin saja ada tanda-tanda lainnya yang belum sempat kami sebutkan. Semoga saja bermanfaat buat kalian semuanya.

[news_box style=”1″ display=”category” title=”Index Post” category=”184″ tag=”null” show_more=”on” count=”10″]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *