Cara Mudah Membuat Tempe

Cara Mudah Membuat Tempe

Berawal dari ketertarikan saya dengan usaha penjualan tempe di pasar pagi, hal tersebut membuat saya berusaha mencari tahu tentang bagaimana cara membuat tempe. Ada banyak toturial pembuatan tempe dengan berbagai judul,

Cara Mudah Membuat Tempe

Berawal dari ketertarikan saya dengan usaha penjualan tempe di pasar pagi, hal tersebut membuat saya berusaha mencari tahu tentang bagaimana cara membuat tempe. Ada banyak toturial pembuatan tempe dengan berbagai judul, namun saya menemukan bahwa kebanyakan dengan cara yang sama saja, entahlah! Mungkin karena cara pembuatan tempe memang tidak memiliki banyak variasi.

Secara umu bahan yang akan digunakan membuat tempe hanya dua saja, ini termasuk bahan utamanya. Kacang kedelai dan Ragi tempe. Hanya saja dalam melakukan prosesnya kita akan menggunakan berbagai alat, alat tersebut tentu saja harus menyesuaikan dengan kebutuhan yang akan kita lakukan.

Untuk proses pembuatan tempe, maka kita bisa melakukan langkah-langkah praktis pada bagian bawah ini. Ini akan menjadi catatan pribadi saya, jika kalai menemukan kesalahan dimohonkan untuk melakukan koreksi pada kolom komentar.

Bersihkan biji kacang kedelai.

Tujuan proses ini untuk mendapatkan kualitas biji kacang kedelai yang baik. Kacang yang baik akan menentukan kualitas tempe yang akan kita buat. Pilih, dan pisahkan kacang kedelai yang kurang baik, kosong, atau busuk. Sehingga akan menyisakan kacang-kacang berkualitas baik.

Cara termudahnya dengan memasukan kedalam air, dan mengaduk-aduknya. Kacang dengan kualitas jelek akan muncul kepermukaan dengan sendiri. Nah! Kacang yang muncul kepermukaan inilah yang akan kita buang. Kebanyakan kacang yang muncul kepermukaan, kacangnya tidak berisi atau kosong.

Merendamnya Sampai Mengembang.

Kacang kedelai yang sudah kita bersihkan selanjutnya akan kita rendam dalam waktu tertentu. Sekitar 12 jam lebih, sesuai kebutuhan dan kebijaksanaan kita dalam menentukan. Jika sudah dirasa cukup, maka bisa ditirskan. Sebelum meniriskan kacang yang sudah direndam, kita akan memisahkan antara isi dan kulit kacang yang sudah mengembang tersebut. Kacang memang sedikit membesar dan melunak, sementara kulit-kulitnya akan lebih mudah dipisahkan.

Merebus Kacang Hingga Benar-Benar Matang Dan Lunak.

Setelah tahap pertama dan kedua selesai, maka selanjutnya kita akan merebus kacang hingga matang dan melunak. Perebusan bisa kita lakukan menggunakan alat yang dibutuhkan, dan menyesuaikan. Jika produksi tempe dalam skala besar, mungkin akan membutuhkan alat yang lebih besar juga. Produksi untuk konsumsi sendiri bisa menggunakan panci dapur yang biasa kita gunakan.

Sementara lama perebusan menyesuaikan. Kita bisa mencicipi kacang kedelainya untuk memastikan bahwa kematangan kedelai dirasa sudah cukup. Biasanya kacang kedelai yang sudah direndam akan lebih cepat dalam perebusan, tidak membutuhkan waktu yang lama karena kacang sudah terlebih dahulu melunak.

Pendinginan Dan Pemberian Ragi.

Kacang kedelai yang dirasa sudah cukup matang akan kita angkat dan dinginkan dengan menggunakan alat bantu kipas angin. Letakan kacang kedelai pada tirisan dan adukan hingga rata, sambil di kipasi menggunakan kipas angin agar kacang cepat dingin.

Setelah dirasa cukup, kacang yang hangat-hangat namun tidak terlalu panas akan kita taburi ragi tempe dan aduk hingga rata. Ini bisa kita lakukan dengan cara sedikit demi sedikit memasukan nya agar ragi benar-benar rata.

Kacang kedelai yang sudah diberi ragi akan kita diamkan beberapa hari sebagai permentasi untuk menumbuhkan jamur-jamur tempe. Hingga jamur benar-benar tumbuh dengan baik, sekitar 2 hari atau lebih. Setelah itu tempe siap kita olah sebagai bahan makanan sesuai selera kita atau kita jual kepada konsumen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *