Cara Menulis Artikel Dengan Teknik Sederhana

Cara Menulis Artikel.

Menulis menjadi hoby bagi sebagian orang, dengan banyak keperluan dan tujuan yang berbeda-beda orang banyak menulis. Bahkan dalam bentuk yang mungkin akan saling berbeda-beda pula.

Cara Menulis Artikel Dengan Teknik Sederhana

Cara Menulis Artikel.

Menulis menjadi hoby bagi sebagian orang, dengan banyak keperluan dan tujuan yang berbeda-beda orang banyak menulis. Bahkan dalam bentuk yang mungkin akan saling berbeda-beda pula.

Setiap orang terkadang mempunyai tata cara dan mengandalkan banyak hal-hal, dan biasa nya antara satu penulis akan mempunyai teknik tersendiri, di mana yang menurut mereka akan menghasilkan karya terbaik dengan cara terbaik menurut masing-masing.

Hal ini adalah sesuatu yang relatif menurut kepribadian masing-masing dari penulis artikel itu sendiri, namun bukan berarti antara satu sama lain tidak mempunyai kesamaan sama sekali, hal-hal yang di sepakati ini saya sebut dengan teknik-teknik dasar. Misalkan :

1.Menentukan Topik Artikel.

Semua penulis ilmiyah, novel dan artikel bebas biasanya akan menyepaki bahwa dalam menulis hal pertamanya adalah menentukan topik utama dalam sebuah tulisan.

Sebuah novel akan menentukan pokok dari cerita yang akan di kisahkan dalam bentuk novel, begitu juga dalam sebuah makalah. Pokok pembahasan selalu menjadi hal utama dalam kebanyakan menulis, yang penting bukan tulisan ngarang ngidul.

Di sinilah hal pentingnya juga berlaku saat kita menginginkan menulis sebuah artikel bebas atau ilmiyah, menentukan topik akan sangat menjadi hal yang utama. Kalau saya ibaratkan mungkin seperti garis panjang lurus yang akan menjadi jalan kita dalam menulis.

2.Mengumpulkan Kalimat-kalimat Kunci Topik.

Cara menulis artikel dengan teknik sederhana selanjutnya adalah mengumpulkan kalimat-kalimat yang kita anggap sebagai kalimat kunci, kalimat yang paling banyak di gunakan sejumlah orang dalam melihat topik tersebut, apakah itu pertanayaan atau penjelasan.

Jika anda belum memahami maksud kalimat kunci maka saya contohkan : misalkan anda menjadikan topik kunci adalah soal kesehatan kulit seperti jerawat, maka anda bisa membayangkan kalimat apa saja yang sering menjadi pembahasan dalam masalah jerawat. Bisa saja ” Mengobati jerawat, ciri-ciri jerawat, penyebab jerawatan, tips menghindari jerawat, jerawat itu adalah … dll “.

Kalimat-kalimat tersebut bisa saja adalah kalimat kunci yang banyak menjadi fokus pembahasan dan banyak di cari oleh orang lain, nah di sini anda sebagai penulis harus mampu mengumpulkan dan mengangkat kalimat kunci tersebut sebagai sub topik, jadi ada topik utama dan sub topik.

 3.Mengembangkan Topik Menjadi Pembahasan Yang Menarik.

Jika topik utama sudah kita tentukan beserta sub topik maka sekarang kita masuk ke tahap bagai mana mengembangkan topik menjadi pembahasan yang menarik, dalam cara menulis artikel yang baik, terlebih sebagai artikel blog memang tidak ada aturan yang baku, dalam arti anda bebas membuat variasi yang sesuai dengan karakter anda.

Di sini kita bisa menyisipkan banyolan kunyul dengan cara khas kita, atau pembahasan yang serius seperti proposal kantoran, kesemuanya akan kembali pada bagai mana anda.

Lihat : Tips Menulis Artikel.

Di sana saya sedikit membahas tips menulis artikel sebagai bentuk pengembangan topik pembahasan, yang terpenting adalah bagai mana kita membuat nyaman setiap pembaca.

4.Finising.

Penyelesaian akhir dari setiap tulisan adalah melakukan pengecek kan artikel yang sudah kita tulis, di mana kita bisa membaca kembali artikel kita.

Apakah ada artikulasi yang kurang tepat, kalimat yang janggal, atau perlukah kita menambah kalimat lainnya untuk memperjelas, atau mungkin saja justru menguranginya dan mengubah kalimat yang ada, karena kita anggap kurang tepat pengguna nya tanpa mengurangi esensi makna yang kita inginkan.


Karakter Tulisan Artikel.

Saat anda terbiasa menulis dengan teknik-teknik tertentu maka biasanya akan akan terkena sebuah virus, virus hoby menulis dengan teknik tersebut, anda juga akan sulit merubahnya, karena itu penting untuk mengetahui dasar-dasar dalam menulis artikel.

Karakter tulisan seseorang memang sesuatu yang menjadi pembawaan dari sang penulis, tidak ada yang salah dengan karakter sebuah tulisan. Hanya saja mungkin! akan memerlukan poles-polesan khusus yang tersendiri.

Karena itu teruslah belajar tanpa harus terhenti dengan cara menulis yang saya gambarkan, karena yang saya tulis di atas hanya gambaran dasar dalam teknik menulis.

Sumber : Cara Menulis Artikel.

Kang Rais: http://kang-rais.blogspot.co.id/2015/09/cara-menulis-artikel-dengan-tiga-tahap.html

Ais elkirami: http://www.elkiram.co.id/2015/09/cara-menulis-artikel.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *