Cara Membuat Kliping Yang Baik dan Tepat

Pustaka.My.Id.- Apa itu Kliping ? Kliping adalah sebuah kumpulan guntingan-guntingan dokumentasi, entah berupa potongan surat kabar, majalah, dan beberapa gambar-gambar. Kliping biasanya di susun secara sistematis agar dokumentasi bisa terlihat jelas,

Cara Membuat Kliping Yang Baik dan Tepat

Pustaka.My.Id.- Apa itu Kliping ? Kliping adalah sebuah kumpulan guntingan-guntingan dokumentasi, entah berupa potongan surat kabar, majalah, dan beberapa gambar-gambar. Kliping biasanya di susun secara sistematis agar dokumentasi bisa terlihat jelas, maksud dan tujuannya. Kliping mempunyai arti lebih, bukan sekedar kesenangan yang di buat, karena dalam pembuatan kliping ada sisi berpikir yang baik, yakni mengingat kembali apa saja yang sudah terjadi di masa lampau. Karena nya ada bainya jika kita membuat sebuah kliping maka di lakukan dengan cara membuat kliping yang baik dan benar, serta tepat.

Alasan kenapa cara membuat kliping harus kita perhatikan ?

Semoga saja cara sudut pandang saya sama dengan sudut pandang anda, karena saya juga menyadari bahwa pendapat saya bisa saja salah, dan bisa juga benar. Membuat kliping bukan tanpa tujuan, bahkan tujuan utama nya adalam mendokumentasikan sebuah kejadian atau hal tertentu yang mungkin di waktu akan datang akan di butuhkan. Karena itulah membuat kliping harus di lakukan secara runut dan rapi, tujuannya agar apa yang kita dokumentasikan bisa terlihat jelas. Terlihat jelas dari alur cerita dan kejadian, dan terlihat jelas sebuah kronologi kejadian di masa lampau.

Dari tujuan nya sebenarnya pembuatan sebuah kliping mempunyai dampak yang positif, bukan hanya sebagai rekam jejak sebuah masalah, kejadian, topik tertentu di masa lalu. Kliping juga memberikan sebuah pengajaran, di kemudian harinya. Tentu saja bagi mereka yang mau belajar dari apa yang terjadi di masa lalu, tentunya.

[news_box style=”1″ display=”category” title=”Update Tentang Makalah” category=”129″ tag=”null” show_more=”on” count=”20″]

Berikut kami bahas bagaimana cara membuat kliping yang baik ?.

Cara Membuat KlipingPengumpulan bahan-bahan kliping akan sangat menentukan klipingnya sudah dibuat dengan baik atau secara asal-asalan saja. Kliping yang baik di kumpulkan menggunakan bahan-bahan yang di ambilkan dari sumber yang baik, kuat, dan bisa kita pertanggung jawabkan. Misalkan kliping di ambil dari potongan media berita surat kabar yang terpercaya dan mempunyai repotasi baik. kliping di kumpulkan berdasarkan kejadian fakta bukan sebuah opini, jika pun opini maka opini yang mengarah ke arah fakta sesungguhnya.

Dengan bahan-bahan kliping yang baik, dan berkualitas. Maka sebuah kliping akan terlihat baik, profesional, dan berkualitas juga. Bahkan mungkin di waktu akan datang potongan kliping tersebut bisa kita jadikan sebuah sumber rujukan, untuk menentukan tindakan di kemudian hari. Hal tersebut di karenakan kliping tersebut memang di kumpulkan dengan keseriusan dan kesungguhan. Begitulah cara membuat kliping yang baik pada tahapan pertama.

Sebagai mana saya utarakan di atas, sebuah kliping punya tujuan sebagai sebuah dokumentasi kejadian di masa lalu, maka sangat penting untuk adanya penyusunan secara benar, agar apa yang di gambarkan dalam sebuah kliping terlihat jelas dan rapi bukan secara acak. Misalkan saya mengumpulkan data dari beberapa sumber tentang kejadian reformasi tahun 1998. Di mana di tandai sebagai penggulingan rezim pemerintahan pada masa itu oleh sejumlah aktifis dan masyarakat. Sebagai sebuah kliping. Maka ada baiknya kliping saya buat dengan tersusun, mungkin dengan mengumpulkan gambar dan berita sebelum aksi penuntutan mundur pemerintahan pada waktu itu. Agar siapa saja yang melihat kliping saya bisa memahami kenapa bisa terjadi sebuah demo besar-besaran pada tahun tersebut, hingga berujung gulingnya rezim orde baru dan masukkan orde reformasi.

Dengan cara pembuatan kliping seperti itu, maka semuanya akan lebih terlihat jelas semua apa-apa yang terjadi di masa lalu. Bukan hanya tentang pasca kejadian, tapi juga sebelum dan sesudahnya. Saya rasa tujuan pembuatan kliping akan di anggap berhasil, karena rekaman tentang apa yang terjadi di masa lalu tertata dengan rapi dalam sebuah kliping.

[news_box style=”1″ display=”category” title=”Update Artikel Terbaru” category=”1″ tag=”null” show_more=”on” count=”20″]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *