Cara Membuat Blog

Sebelum kita membahas bagaimana cara membuat blog ada baiknya kita fahami terlebih dahulu , apa itu blog ? blog itu bisa kita sebut web log  ,

Cara Membuat Blog

Sebelum kita membahas bagaimana cara membuat blog ada baiknya kita fahami terlebih dahulu , apa itu blog ? blog itu bisa kita sebut web log  , adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan yang biasa di sebut posting pada halaman web umum. Tulisan-tulisan tersebut biasanya di muat terbalik ,mana yang terakhir di terbitkan barulah yang terlebih dulu di terbit walaupun tidak selamanya begitu adanya , website dengan jenis ini biasanya akan mudah di akses oleh pengguna internet ,seseuai dengan topik yang di kelola oleh pengguna blog tersebut.

Karena itulah sebuah blog berfungsi sebagai alat yang di gunakan sebagai informasi , sementara berdasarkan perkembangan nya blog mempunyai banyak varian yang berbeda termasuk di antaranya Niche Blog yang mana mempunyai ciri utama hanya membahas tentang satu topik saja , niche blog itu jika kita runtun lagi akan menjadi banyak jenis.

  1. Whole-niche , adalah niche blog yang membahas seluruh jangkauan topik. Ambil contoh jika blog Anda membahas seputar Blogger, maka Anda membahas seluruh topik, mulai dari template Blogger, panduan Blogger, seo Blogger dan keseluruhan Blogger.
  2. Broad-niche, adalah niche blog yang tidak membahas keseluruhan topik, melainkan sebagian besar topik. Contoh jika blog Anda membahas seputar Blogger, maka blog Anda akan membahas bagaimana blog bisa menghasilkan uang, jadi pembahasannya meliputi, seo untuk blogger, hingga monetize blog Blogger Anda.
  3. Themed-niche, adalah niche blog yang sudah mengarah ke suatu topik tertentu saja. Misalnya blog Anda topiknya seputar Blogger, maka pembahasan di blog Anda hanya seo off page untuk blogger saja.
  4. Micro-niche, adalah niche blog yang sangat sempit dan begitu terarah detail. Misal topik blog Anda adalah seputar blogger, maka pembahasan di niche blog Anda nantinya hanya membahas seputar seo on page khusus riset keyword.

Jenis niche blog pada umumnya sangat di sukai oleh mesin search karena biasanya memuat konten yang relevan dan layak konsumsi , sementara itu jenis lain dari blog ada General Blog yang mana tidak mempunyai spesifikasi khusus tentang topik yang di bahas , ada banyak topik yang terdapat dalam jenis blog ini , walau pun blog ini kurang di sukai oleh mesin search tetapi pada kenyataannya jenis blog ini mempunyai banyak penggemar ,di karenakan kemudahan mengelolanya.Para pengelola blog biasanya akan berpindah topik jika kurang mendapat ide untuk mengembangkan topik yang ada di blognya.

Dari dua jenis utama blog yang ada para pengguna blog mulai mengembangkan sebuah blog authority ,sebuah blog pribadi di mana seseorang akan memperkenalkan keotoritasannya dalam bidang tertentu ,biasanya pemilik blog akan membahas satu topik secara mendetail karena itulah blog ini masih dalam varian Niche Blog ,tujuan utama blog ini adalah membangun jaringannya sendiri ,menemukan teman atau rekan yang mempunyai hoby dan kesenangan yang sama.

Dari sedikit keterangan di atas maka kita bisa menentukan blog yang bagaimana yang akan kita buat,Langkah pertama anda untuk membuat blog adalah menentukan jenis blog yang akan anda bangun ,jika kemudian anda lebih cendrung pada blog niche karena dengan blog tersebut memungkin anda untuk memuat fokus pada satu topik maka alangkah baiknya jika anda menentukan nama alamat domain atau subdomain yang anda gunakan sesuai dengan topik yang akan anda bangun.Blogging

Berikut beberapa langkah sederhana anda untuk membuat blog :

  1. Tentukan topik yang akan anda bangun , hal ini bisa anda sesuaikan dengan keahlian anda ,anda juga bisa menentukan sesuai topik yang menurut anda punya prospek ke depan nya ,misalkan sebuah blog toturial membangun sebuah blog.
  2. Tentukan alamat domain anda atau subdomain jika anda akan membangun sebuah blog menggunakan domain gratis.Hal ini bisa anda dapatkan di blogger.com atau wordpress.com atau lainnya tergantung di mana anda menyukainya ,karena banyak platfrom blog yang menawarkan subdomainnya secara gratis ,semua bisa anda kembangkan dengan mudah.
  3. Melakukan penataan pada tampilan blog.Hal ini tergantung platfrom yang anda gunakan karena biasanya tiap platfrom blog akan mempunyai setting dan penataan yang berbeda-beda.
  4. Kelola konten blog anda.Jika anda sampai pada tahapan ini itu berarti anda sudah mulai membangun blog anda.

Membuat blog mungkin sesuatu yang mudah ,karena yang sesungguhnya adalah bagaimana anda membangun sebuah blog hingga anda mendapatkan apa yang anda targetkan.

” Menentukan Target Pengunjung Blog Anda “

Tahap terakhirkan yang menjadi bagian dari bagaimana membuat/membangun sebuah blog adalah menentukan target pengunjung blog anda.Saat anda membuat sebuah blog munggkin anda belum terfikirkan dari mana saja pengunjung blog bisa anda dapatkan , bagaimana cara menemukan pengunjung blog anda ?

Pada dasarnya pengunjung blog anda bisa di dapatkan melalui media tautan link yang mengarah ke halaman blog anda ,bisa juga melalui mesin search/pencarian , pengunjung yang baik itu adalah pengunjung yang menemukan halaman blog anda melalui mesin pencarian google,yahoo,bing dll.Pengunjung yang demikian biasa di sebut pengunjung unik.Biasa nya pengunjung yang demikian semata-mata mencari informasi yang mereka butuhkan.

Untuk mendapatkan kunjungan maka anda akan di bawa pada bagaimana cara mengoptimalkan Search Engine Optimizations atau yang biasa di singkat SEO.Untuk melengkapi bagaimana cara membuat blog ini kami hanya akan memuat sedikit bagaimana cara mengoptimalkan Search Engine Optimizations.

  1. Meningkatkan kualitas konten blog.Kualitas dari sebuah halaman adalah segalanya bagi SEO anda , apalagi faktor Domain Authority ( DA ) dan Page Authority ( PA ) akhir-akhir belakangan ini menjadi standar ganda di mesin Search Google , sekarang ini Google tidak lagi mengacu pada Page Ranking akan tetapi lebih kepada Page Authority.
  2. Mengoptimalkan Keyword Halaman.Halaman di blog anda adalah target para pengunjung anda karena itu mengoptimalkan keyword yang tepat adalah sesuatu hal yang harus anda perhatikan.
  3. Mengoptimalkan Backlink dari halaman yang relevan.Sudah kami sebutkan di atas bahwa selain mesin search , pengunjung anda juga datang dari sejumlah tautan link , hal itu juga bukan sekedar isapan jempol , backlink juga berpengaruh kepada Page Authority anda ,dengan menunjukkan beberapa tautan yang mengarah kepada halaman anda ( Tautan yang secara natural ) hal itu membuktikan bahwa halaman anda pantas untuk menjadi sumber referensi karena kualitas ,biasa nya backlink yang berkualitas adalah backlink yang bukan karena di usahakan,justru karena kualitas konten anda pantas sehingga membuat sebagian blog memasukkan tautan kehalaman anda ,hal ini adalah respon bahwa orang lain memberi aplos tentang halaman anda.
  4. Tamplate/Theme yang Seo friendly.Theme atau tamplate juga sedikit memberi andil atas perkembangan Seo anda.
  5. Responsif. Bagi anda pengelola blog maka sikap responsif haruslah anda terapkan bukan saja pada pengunjung anda tapi pada perkembangan dunia blogger atau perkembangan technology di sekitar anda ,hal ini tidak terlepas dari relevansi pengetahuan yang saat ini anda miliki ,karena bisa jadi hal-hal yang dahulu anda ketahui telah berubah ,termasuk dari google. Terkadang google merubah aturan dan beberapa ssetting Search Engine Optomizations.
  6. Bersosialisasi.Hal yang tidak kalah penting membangun sebuah blog adalah berusaha bersosialisasi kepada orang dekat anda ,apakah di media sosial atau Forum sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *