Begini Cara Mendidik Anak Yang Malas Belajar

Begini neh cara mendidik anak yang malas belajar. Bunda !! apa anda sedang di pusingkan dengan keadaan anak anda yang susah untuk belajar. Yah !

Begini Cara Mendidik Anak Yang Malas Belajar

Begini neh cara mendidik anak yang malas belajar. Bunda !! apa anda sedang di pusingkan dengan keadaan anak anda yang susah untuk belajar. Yah ! terkadang anak-anak di sibukkan dengan kesibukan nya sendiri. Terkadang sibuk dengan aktifitas mainnya saja, atau kadang sibuk dengan keseharian nya saja. Dunia anak emang begitu adanya. Kehidupan mereka memang selalu asik dengan sendirinya, jika mereka menemukan hal-hal yang menurut mereka menyenangkan. Maka kesenangan itulah yang akan menjadi proritas mereka.

Dari situ saja sebenarnya bisa kita maklumi, dan harus nya orang tua sudah tahu bagaimana mensiasati agar anak yang awalnya susah belajar menjadi rajin dan senang untuk belajar. Mungkin poin-poin ini akan sedikit membantu para orang tua saat mengajari anak untuk lebih menyukai pelajaran nya;

Begini Cara Mendidik Anak Yang Malas BelajarSaat anak dalam keadaan sedih, marah, kurang semangat di karenakan alasan-alasan lainnya. Biasanya otak anak akan sedikit susah menerima pelajaran, karena itulah anak akan menganggap bahwa pelejaran itu kurang menyenangkan, sulit, dan sama sekali tidak di kehendaki oleh si anak. Hindari memberikan pelajaran kepada anak di saat yang demikian, karena akan menciptakan sebuah dogma kepada anak. Dia akan menganggap bahwa belajar bukanlah dari bagian dari kehidupan nya.

Biasanya otak anak sangat berpengaruh dengan keadaan hati mereka. Banyak para ahli anak dan pisikolog mengatakan demikian. Yang pasti bagi orang tua sangat penting untuk memberikan sebuah kesan dan sogesti yang baik pada anak. Kesan anak tentang pelejaran tentu akan sangat terpengaruh dengan keadaan anak yang pada saat menerima pelajaran. Anda tentu membutuhkan strategi agar anak senang dengan pelajaran, maka ajarkan dengan keadaan hati anak senang dan bahagia. Sebelum, saat, dan sesudah anak belajar.

Ada beberapa cara mengatasi anak yang malas belajar ;

Bagi orang tua yang bingung agar hati anaknya senang dan bahagia, sebelum atau saat belajar dan sesudahnya. Maka reward yang anda tawarkan bisa jadi alternatif. Misalkan jika anak berhasil anda akan memasakkan apa yang di sukainya. Anda akan mengajaknya ke sebuah tempat yang di sukainya jika nilai perestasinya di kelas dengan hasil yang memuaskan. Anak anda akan senang mendengarnya, tentu selain memotivasi anak untuk giat belajar, anak juga akan lebih mudah menerima pelajaran karena hatinya dalam keadaan senang sebagai mana yang sudah saya bahas sebelumnya.

Begini Cara Mendidik Anak Secara Dini1Anak akan lebih senang saat ada teman yang di ajaknya ngobrol, ada orang yang menemaninya. Dengan begitu anak akan lebih betah belajar dan menggunakan waktu belajarnya dengan sebaik-baiknya. Tapi ingat ! jangan sekali-kali anda memaksakan kehendak kita pada kepada anak. Jiwa anak akan tertekan saat anda marah jika dia tidak mampu menyelesaikan sebuah pelajaran. Otak anak menulak setiap pelajaran yang di terimanya jika kejiwaan nya sedang tertekan.

Begini Cara Mendidik Anak Secara DiniPada bagian ketiga ini anda bisa menggunakan peralatan dan keadaan suasana di mana lebih di sukai anak. Misalkan menggunakan pensil Frozen jika anak anda seorang gadis yang suka dengan animasi kartun frozen. Bukan hanya pensil, tapi juga buku, meja atau lainnya. Menggunakan peralatan yang di sukainya adalah teknik yang jitu agar anak lebih menyukai pelajaran. Walau ada yang menganjrkan seperti menggunakan game edukasi, namun di sini saya tidak memasukkan nya. Ada kontaversi di kalangan orang tua, sebagian malah mengeluhkan anaknya hanya menangkap permainan nya saja tanpa menangkap pelajaran yang ada di dalamnya. Mungkin itu kembali kepada kemampuan orang tua dalam mendidik.

Begini Cara Mendidik Anak Yang Malas BelajarAnak anda susah belajar, bahkan terkadang sangat malas untuk belajar. Mungkin itu kurang tepat dengan sistem pelajaran yang banyak menghafal. Anak yang demikian akan lebih tepat dengan cara memahami maksud dan tujuan pelajaran. Memahami dan menghafal adalah dua hal yang berbeda, sebagian anak memang ada yang mudah memahami tapi tidak kuat dalam menghafal atau sebaliknya. Dengan menghafal biasa nya anak akan lebih mudah menerima pelajaran tapi anda akan di tuntut untuk mengajari nya dalam hal yang berbeda.

Anak yang mudah memahami biasanya otak nya akan lebih mudah menerima setelah dirinya berinteraksi langsung dengan inti belajaran. Mungkin dia tidak akan bisa dengan tepat secara pasti menjawab sebuah pertanyaan pelajaran, namun anak mungkin bisa menerka-nerka sesuai pengalaman yang di alaminya. Karena otak si anak memang lebih bekerja untuk memahami pelajaran bukan dengan menghafal. Secara umum anak dengan tipe begini akan lebih baik, walau seandainya jika si anak makin rajin belajar dengan hafalan dan teori akan lebih tambah baik.

[news_box style=”1″ display=”category” title=”Terkait Update Edukasi” category=”184″ tag=”null” orderby=”popular” show_more=”on” count=”10″]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *