Begini Cara Mendidik Anak Secara Dini

[dropcap]A[/dropcap]nak adalah anugerah dari tuhan. Jika kita senang memperhatikan senyuman nya terkadang hati akan hanyut dengan kebahagiaan tersendiri. Bagai mana pun juga disaat mereka melakukan kenakalan,

Begini Cara Mendidik Anak Secara Dini

[dropcap]A[/dropcap]nak adalah anugerah dari tuhan. Jika kita senang memperhatikan senyuman nya terkadang hati akan hanyut dengan kebahagiaan tersendiri. Bagai mana pun juga disaat mereka melakukan kenakalan, pada dasarnya pada waktu itulah kita akan melihat sisi lain yang menyenangkan didiri anak kita. Anak adalah anak kita, sampai kapan dan bagai manapun juga keadaan nya.

Sesayang-sayangnya orang tua, alangkah lebih baiknya jangan terlalu hanyut dengan perasaan. Masa depannya adalah yang utama, sesuatu yang sangat penting untuk kita perhatikan. Maka luangkan waktu kita untuk bersamanya, mendidiknya agar kelak menjadi manusia yang mempunyai budi pekerti luhur. Anak sebuah titipan tuhan yang harus kita jaga, kita sayangi, dan kita persiapkan untuk di kemudian hari. Sama halnya dengan orang tua kita yang mempersiapkan kita hingga menjadi sekarang.

Bagai mana cara kita mendidik anak sedini mungkin ?

Kapan yang di maksud dengan pendidikan usia dini ? jika menurut saya, mendidik anak usia dini dilakukan secepatnya. Bahkan orang tua kita mendidik anak-anaknya justru pada saat kita masih berada dalam kandungan. Amazing bukan ?. itu orang tua kita, bagaimana dengan kita ?. Sudahkah meluangkan waktu mendidik anak-anak kita, atau kitanya terlalu sibuk dengan pekerjaan ?.

Begini Cara Mendidik Anak Secara DiniAnda harus tahu, bahwa saat anak berusia cukup dini. Antara 1-5 tahun yang sangat di butuhkan anak adalah perhatian dan kebersamaan nya dengan orang tua. Dimasa itu mereka memang sibuk bermain, namun di masa usia itulah daya tangkapnya akan mudah meniru apa yang ada di sekitarnya. Sehingga orang tua yang harus menjadi guru utamanya dalam hal berperilaku dan berkeperibadian. Habiskan waktu bersama anak selama mungkin, jangan abaikan masa tumbuh kembang anak-anak kita di usia sedini mungkin.

Begini Cara Mendidik Anak Secara DiniAnak di usia dini kebanyakan tidak terlalu memahami sebuah penjelasan, namun akan lebih banyak meniru dari contoh yang ada. Karena itulah keberadaan orang tua sebagai panutan anak sangat berpengaruh. Dengan menjaga sikap kita sebagai orang tua, tentu akan melahirkan contoh yang baik terhadap anak. Anak akan banyak meniru contoh-contoh yang baik dari kedua orang tuanya.

Lucu loh gan ? kebetulan anak yang kedua saya baru berumur satu tahun lebih, tapi sangat banyak meniru apa saja kelakuan orang tuanya. Kadang membuat saya tertawa, karena tingkah lakunya. Karena itulah saya juga menyadari, apa saja yang saya lakukan itu kemungkinan besar akan di tiru oleh anak saya.

Lebih banyak bersama anak dan lebih banyak mencontohkan memang bagian penting dari pendidikan anak-anak usia dini. Usia dimana mungkin mereka [ anak-anak ] belum mampu mencerna dengan baik sebuah penjelasan.

**Opini saya; bagi saya anak dalam usia dini yang terpenting adalah pendidikan karakter dan budi pekerti serta kebiasaan nya. Bukan pendidikan yang lain. Saya tidak terlalu bangga jika anak saya sudah pintar membaca di usia bawah lima tahun nya, itu jika memang iya. Tapi saya akan sangat bangga jika di usia tersebut anak bisa menghormati yang lebih tua.

[news_box style=”1″ display=”category” title=”Update Terkait Edukasi” category=”184″ tag=”null” orderby=”popular” show_more=”on” count=”10″]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *