Begini Cara Membuat Makalah Yang Mudah dan Sederhana

Pembuatan makalah adalah sesuatu yang bisa kita katakan susah-susah gampang. Sebagian alasan kenapa saya menganggapnya ada kesusahan dan kesulitan, di karenakan memang ada hal-hal lainnya yang juga harus kita perhatikan saat melakukan pembuatan makalah itu sendiri.

Begini Cara Membuat Makalah Yang Mudah dan Sederhana

Pembuatan makalah adalah sesuatu yang bisa kita katakan susah-susah gampang. Sebagian alasan kenapa saya menganggapnya ada kesusahan dan kesulitan, di karenakan memang ada hal-hal lainnya yang juga harus kita perhatikan saat melakukan pembuatan makalah itu sendiri. Berbagai tips pembuatan skripsi dan makalah memang sudah banyak di paparkan oleh banyakan kalangan, karenanya pada kesempatan ini saya hanya memaparkan rinkasan sederhana bagaimana seharusnya kita mempersiapkan pembuatan makalah.

Bagai Mana Cara Membuat Makalah ?.

Cara Membuat MakalahSaat anda membuat makalah, maka ada baiknya memperhatikan beberapa elemen dasar dalam sebuah makalah. Antara lain, sebagai mana yang kami sebutkan di halaman yang membahas dasar-dasar elemen dalam makalah [ red; beberapa elemen dasar makalah ]. Pada artikel tersebut saya memang sudah membahasnya, walau tidak terlalu rinci namun setidaknya akan mempermudah untuk anda membuat makalah.

Pada bagian ini saya hanya akan memaparkan sejumlah tips membuat makalah, dengan tujuan utamanya adalah agar saat melakukan pembuatan kita tidak merasakan kesulitan.

Pertama. Yang harus kita ketahui adalah elemen dasarnya.

Berikut kami sebutkan beberapa elemen dasar dalam membuat makalah;

Elemen di atas adalah elemen dasar dalam membuat sebuah makalah. Ada baiknya kita buat dengan serapi mungkin, sehingga karya ilmiah kita yang berupa makalah tidak di bikin atas dasar asal-asalan.

Cara Membuat MakalahDengan mengetahui apa saja yang harus ada dalam sebuah makalah, maka kita bisa memetakan penggarapan makalah yang akan kita buat. Langkah awalnya adalah mengumpulkan data sesuai topik yangakan kita buat menjadi sebuah makalah. Pada langkah ini kita akan sekalian membuat sebuah daftar pustaka. Jadi kita tidak membuatnya berdasarkan judul makalah, namun berdasarkan bahan yang kita miliki. Ini adalah bagian teknik cara membuat makalah dengan jalan sederhana. Jadi jelasnya, di langkah awal adalah dengan mengumpulkan bahan-bahan sumber pembuatan makalah itu sendiri.

Kedua. Adalah tahapan di mana kita akan mentelaah pokok-pokok penting dalam topik pembahasan. Jika anda belum memiliki pemahaman tentang topik yang di bahas. Jika justru seandainya pokok poin-poin penting yang akan anda bahas sudah anda miliki sebelumnya, maka pembuatan makalah mungkin akan berjalan dengan sangat lancar.

Pada tahapan kedua ini, kita akan mempelajari tentang apa saja permasalahan yang akan kita angkat. Sebagai penggaris bawahan dan pokok permasalahan. Sehingga kita bisa menemukan kerangka makalah yang akan kita buat.

Dalam pembuatan makalah memang yang sangat di butuhkan adalah; tentang bagai mana kita menganalisa sebuah permasalahan. Poin pentingnya tentang bagai mana kita menemukan sebuah jalan keluar atas permasalahan tersebut. Sementara sisanya hanyalah sebatas bagai mana kita merangkai alur logika agar mudah di mengerti dan di pahami oleh pembaca.

Bagaimana Kita Menentukan dan Menitik Beratkan Poin Penting Pembahasan Dalam Makalah.

Cara Membuat MakalahDalam sebuah pembahasan dan pembuatan sebuah makalah. Kita harus pandai membuat makalah menjadi terarah. Menemukan titik penting yang akan kita sampaikan adalah kuncinya. Dan mungkin itu sudah kita rencanakan sejak sebelum makalah kita buat. Artinya; sebelum kita membuat makalah dan melakukan pembuatan makalah. Kita mempunyai sebuah ide besar tentang sebuah permasalahan. Dan inilah yang saya maksud dengan menarik garis besar dan penentuan titik berat sebuah masalah.

Cara membuat makalah memang sederhana sebenarnya. Setelah menemukan sebuah ide tentang apa yang kita bahas, langkah selanjutnya adalah mengumpulkan bahan dan sumber pembahasan. Sisanya kita hanya memindahkan pembahasan-pembahasan tersebut berdasarkan pemikiran dan cara berpikir kita. Menemukan titik permasalahan yang terjadi hingga bagaimana saran penyelesaian nya.

Sementara sisanya hanya serangkaian serimoni pemanisan pembahasan, seperti; judul, cover makalah, dan kata pengantar serta penutup. Jika poin besarnya sudah kita temukan, saya rasa tidak ada masalah yang berarti untuk itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *