Begini Beberapa Elemen Dasar Dalam Membuat Makalah

Makalah sebagai mana sudah pernah saya katakan adalah sebuah karya ilmiah yang berisikan tentang hasil tesis, dan hasil penelitian tentang sebuah topik tertentu. Makalah sering di jadikan sebagai sebuah tugas sekolah oleh pelajar atau para mahasiswa.

Begini Beberapa Elemen Dasar Dalam Membuat Makalah

Makalah sebagai mana sudah pernah saya katakan adalah sebuah karya ilmiah yang berisikan tentang hasil tesis, dan hasil penelitian tentang sebuah topik tertentu. Makalah sering di jadikan sebagai sebuah tugas sekolah oleh pelajar atau para mahasiswa. Dalam praktik pembuatan nya makalah di jadikan sebagai sebuah uji coba, bagai mana seorang murid atau mahasiswa memberikan persentasinya tentang sebuah permasalahan yang ada.

Makalah memang banyak kita temukan di internet misalkan. Namun dalam melakukan, membuat, atau mengerjakan makalah. Kita tidak boleh mengcopy paste hasil makalah orang lain, karena itu berarti kita melakukan sesuatu yang kurang baik, karena makalah bukan lah hasil karya ilmiah kita sendiri. Sementara tujuan dari pembuatan makalah sendiri adalah; agar kita bisa melakukan atau memberikan sebuah persentasi terhadap permasalahan secara ilmiyah.

Menulis memang bukanlah hal yang mudah, karenanya memang harus di latih. Orang akan menjadi mahir dalam melakukan banyak hal karena sudah terbiasa. Ada baiknya menulis seperti makalah atau lainnya harus di ajarkan atau di pelejari sedini mungkin. Bisa kita lakukan sejak tingkatan menengah, agar kita sebagai seorang pelajar tidak kaget untuk melakukan atau membuat karya ilmiah di kemudian hari. Karena mungkin di kemudian hari saat kita memasuki sebuah perguruan tinggi akan melakukan itu. Namun, karena memang kita sudah terbiasa memberikan sebuah persentasi secara ilmiah sehingga itu bukan menjadi hal yang terlalu menyulitkan.

Begini Beberapa Elemen Dasar Dalam Membuat MakalahBerikut kami sebutkan beberapa elemen dasar dalam membuat makalah;

Elemen di atas adalah elemen dasar dalam membuat sebuah makalah. Ada baiknya kita buat dengan serapi mungkin, sehingga karya ilmiah kita yang berupa makalah tidak di bikin atas dasar asal-asalan.

Bagai mana cara membuatnya ?. Di sini saya hanya memjelaskan secara sederhana saja, karena untuk mendapatkan penjelasan secara rini bisa menanyakan langsung kepada guru / dosen pembimbing kalian masing-masing.

Untuk membuat cover yang ada pada halaman depan sebenarnya tidak sulit. Biasanya cover berisikan apa yang ada di dalam makalah. Dari judul, nama penulis dan pembimbing, logo sekolah, tanggal pembuatan, dan beberapa hal lainnya yang di anggap perlu agar sebuah makalh bisa terlihat sejak halaman depan. Pembuatan cover makalah hendaknya di buat semenarik mungkin, dari pemilihan judul, dll. Karena hal pertama yang akan di lihat oleh penelaah makalah adalah halaman depan, dan mungkin judul adalah pusat perhatian yang pertama. Barulah kemudian hal-hal yang lainnya.

Selanjutnya barulah kita masuk ke tahap lainnya, seperti kata pengantar. Kata pengantar biasanya berisikan ucapan terima kasih kepada Tuhan YME, guru pembimbing, dll. Sementara daftar isi akan kita isi dengan daftar halaman-halaman yang ada dalam makalah tersebut. Daftar isi termasuk elemen penting, karena pada elemen inilah kita akan memetakan elemen-elemen lainnya agar terlihat lebih rapi dan baik.

Sementara pada bab pertama hingga bab ke tiga berisikan pokok-pokok pembahasan. Seperti bab pertama berisikan pendahuluan yang membahas tentang; rumusan masalah, latar belakang, dan tujuan penelitian permasalahan. Pada bab kedua berisikan; teori-teori, penyelesaian masalah, serta beberapa solusi yang di utarakan oleh penulis berdasarkan argumentasi-argumentasi yang bisa di berikan oleh penulis. Dan bab ketiga di persentasikan lah kesimpulan yang bisa bisa kita tarik dalam pembahasan yang sudah kita lakukan sebagai penutup, serta saran-saran terkait topik pembahasan.

Begini Beberapa Elemen Dasar Dalam Membuat MakalahPada bagian akhir kita akan memasukkan sejumlah daftar pustaka. Ada baiknya kita memasukkan daftar pustaka yang baik dan benar. Dan yang tidak kalah penting dengan mencantumkan sumber-sumber dari sumber yang berkualitas agar makalah kita terlihat lebih baik. kita bisa belajar membuat daftar pustaka dan makalah dari makalah yang sudah jadi sebagai acuan nya. Bisa kalian temukan itu di halaman ini insya Allah, semoga bermanfaat.

[news_box style=”1″ display=”category” title=”Index Update Makalah ” category=”129″ tag=”null” orderby=”popular” show_more=”on” count=”10″]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *